Sabtu, 31 Januari 2015

Selamat Datang di Rumah Mati (Goosebumps # 1)

 Josh dan aku benci rumah baru kami.
Tentu saja, rumah itu besar. Ini tampak seperti rumah besar bila dibandingkan dengan rumah tua kami. Itu adalah sebuah rumah dengan tembok merah yang tinggi dengan atap hitam miring dan deretan jendela dibingkai daun jendela berwarna hitam.
Rumah ini sangat gelap, pikirku, mempelajarinya dari jalanan. Seluruh rumah itu tertutup dalam kegelapan, seolah-olah itu bersembunyi dalam bayang-bayang bonggol pepohonan tua yang melengkung di atasnya.
Saat itu adalah pertengahan Juli, namun daun-daun cokelat mati menutupi halaman depan. Sepatu karet kami menimbulkan bunyi di atas dedaunan itu seakan-akan yang kami mendaki jalanan berkerikil.
Rumput-rumput yang tinggi menusuk di mana-mana melalui daun-daun yang mati. Serumpun tebal dari rerumputan telah benar-benar tumbuh diluar batas beralaskan suatu bunga yang tua di samping teras depan.
Rumah ini menyeramkan, pikirku sedih.
Josh pasti memikirkan hal yang sama. Sambil menatap rumah tua, kami berdua mengerang keras.
Mr Dawes, pemuda ramah dari kantor real estate lokal, berhenti di dekat jalan depan dan berbalik.
"Semuanya baik-baik saja ?" tanyanya, pertama menatap Josh, lalu padaku, dengan mata birunya yang berkerut.
"Josh dan Amanda tak senang pindah," Ayah menjelaskan, ia menyelipkan masuk bagian bawah kemejanya . Ayah sedikit kelebihan berat badan, dan kemejanya sepertinya selalu tak sampai untuk dimasukkan.
"Ini sulit bagi anak-anak," tambah ibuku, ia tersenyum pada Mr Dawes, ia memasukkan tangannya ke saku celana jeansnya, ia sampai ke pintu depan. "Kau tahu. Meninggalkan semua teman-teman mereka.. Pindah ke tempat baru yang aneh."
"Aneh benar," kata Josh, menggelengkan kepalanya. "Rumah ini kotor."
Mr Dawes tertawa kecil.
"Ini satu rumah tua, itu sudah pasti," katanya, menepuk bahu Josh.
"Ini hanya membutuhkan beberapa pekerjaan, Josh," kata Ayah, ia tersenyum pada Mr Dawes. "Tak ada yang tinggal di dalamnya untuk sementara waktu, jadi ini akan perlu beberapa waktu untuk memperbaikinya."
"Lihat betapa besar rumah ini," Ibu menambahkan, ia membelai rambut lurus hitamnya dan tersenyum pada Josh. "Kita akan memiliki ruangan untuk ruang membaca dan mungkin juga ruang rekreasi. Kau akan menyukainya -. Apa kau tak ingin, Amanda?"
Aku mengangkat bahu. Angin dingin membuatku merinding. Hari ini sebenarnya indah, hari musim panas. Namun semakin dekat kami ke rumah itu, aku semakin merasa dingin.
Kukira itu semua karena ketinggian pohon-pohon yang tua.
Aku mengenakan celana tenis pendek putih dan kaos biru tanpa lengan. Tadi di dalam mobil kepanasan. Tapi sekarang aku kedinginan. Mungkin di dalam rumah akan lebih hangat, pikirku.
"Berapa usia mereka?" Mr Dawes bertanya kepada Ibu, saat melangkah ke teras depan.
"Amanda dua belas tahun," jawab Ibu. "Dan Josh baru berusia sebelas tahun bulan lalu."
"Mereka terlihat sangat mirip," kata Mr Dawes kepada Ibu.
Aku tak bisa memutuskan apakah itu pujian atau tidak. Kukira itu benar. Josh dan aku sama-sama jangkung dan kurus dan memiliki rambut cokelat keriting Ayah, dan mata cokelat yang gelap. Semua orang bilang kami memiliki wajah serius.
"Aku benar-benar ingin pulang," kata Josh, suaranya bergetar. "Aku benci tempat ini."
Adikku adalah anak yang paling tak sabaran di dunia. Dan saat ia membuat keputusan tentang sesuatu, begitu saja. Dia agak manja. Setidaknya, kupikir begitu. Setiap kali ia membuat keributan besar akan sesuatu, dia biasanya mendapatkan caranya.
Kita mungkin terlihat sama, tapi kami benar-benar tak sedemikian mirip. Aku jauh lebih sabar daripada Josh. Lebih berpikiran sehat. Mungkin karena aku lebih tua dan karena aku seorang gadis.
Josh memegang tangan Ayah dan mencoba menariknya kembali ke mobil.
"Ayo. Ayo, Yah.. Mari kita pergi."
Aku tahu ini adalah satu waktu di mana Josh tak akan mendapatkan caranya. Kami telah pindah ke rumah ini. Tak diragukan lagi. Setelah semuanya, rumah itu benar-benar gratis. Seorang paman besar dari Ayah, seorang pria yang kami bahkan tak tahu, telah meninggal dan meninggalkan rumah untuk Ayah dalam surat wasiatnya.
Aku tak akan pernah melupakan ekspresi wajah Ayah saat ia mendapat surat dari pengacara. Dia mengeluarkan satu teriakan keras dan mulai menari di sekitar ruang tamu. Josh dan aku berpikir dia akan salto atau sesuatu yang lain.
"Paman besarku Charles telah meninggalkan untuk kita sebuah rumah dalam wasiatnya," Ayah menjelaskan, membaca dan membaca ulang surat itu. "Di sebuah kota bernama Dark Fall (Air Terjun Gelap)."
"Hah?" Josh dan aku berseru. "Di mana Dark Falls?"
Ayah mengangkat bahu.
"Aku tak ingat Paman Charles-mu," kata Ibu, bergerak dibelakang Ayah untuk membaca surat itu lewat bahunya.
"Aku juga tidak," Ayah mengakuinya. "Tapi dia pasti telah menjadi orang yang hebat. Wow Ini kedengarannya seperti sebuah rumah yang luar biasa"
Dia meraih tangan Ibu dan mulai menari dengan gembira melintasi ruang tamu.
Ayah yakin sangat senang. Dia sudah mencari alasan untuk berhenti dari pekerjaan kantornya yang membosankan dan mencurahkan seluruh waktunya untuk karir menulisnya. Rumah ini - benar-benar gratis - hanya menjadi alasan yang ia butuhkan. 


 bersambung klik disini

3 komentar:

silahkan berkomentar dan mari kita tunjukan bahwa kita adalah bangsa yg beradab..
Terimakasih